RSS

Setting (Konfigurasi) Untuk Terima dan Kirim Email di Mozilla Thunderbird dan MS Outlook

Sebenarnya tempat yang paling aman untuk menyimpan email adalah di internet, yaitu di situs (host) penyedia layanan email itu. Cukup proteksi dengan password yang mumpuni, maka hanya kita yang bisa membaca isi dari email itu.
Tapi dari segi cara mengakses cara tersebut mempunyai kelemahan, yaitu agak repot dan harus membutuhkan koneksi internet. Toh sebetulnya email itu sudah kita baca sebelumnya, tapi karena mungkin kita harus membaca email itu lagi ya terpaksa harus dibuka lagi…
Nah untuk alasan itu kita dapat memanfaatkan aplikasi yang mendukung layanan email (dalam artikel ini khusus layanan Gmail) seperti Microsoft Outlook, Outlook Express maupun Mozilla Thunderbird.

















Ok, berikut ini cara setting atau konfigurasi akun email di Mozilla Thunderbird dan MS Outlook.
1. Buka Mozilla Thunderbird, dari Menu Alat / Tools, masuk ke Pengaturan Akun
2. Pada “Setup Akun Email” isikan data berikut > Nama Anda = Nama Kamu (misal : Lasman) >Alamat Email =Alamat email kamu (misal : lassmart@gmail.com), >Kata Sandi = password email kamu, Selanjutnya klik “Lanjutkan”
3. Proses validasi berlangsung. Thunderbird sedang mengirimkan data akun kamu tadi dan Google memverifikasi data tersebut. (Catatan : PC harus terkoneksi dengan internet pada saat konfigurasi ini berlangsung)
4. Apabila data yang kamu isi valid maka Google akan merespon dan secara otomatis akan mengirimkan konfigurasi yang dibutuhkan seperti pengaturan server email dan sebagainya.   Konfigurasi tersebut akan ditampilkan selanjutnya klik “OK”  maka kamu sudah bisa mengirim dan menerima email dan tersimpan di komputer kamu.
5. Jika pada tahap 3 tadi tidak berhasil kamu bisa ulangi lagi atau coba pengaturan secara manual.
a. Data yang kamu input adalah :
1. Outgoing server/server pengirim (smtp) = smtp.googlemail.com   port = 465
2. Incoming server /server masuk (imap) =imap.googlemail.com   port =993
3. Nama pengguna = username kamu /nama kamu /alamat email kamu
Nah gampang kan. Oh ya konfigurasi ini bisa juga diaplikasikan di MS Outlook dan Outlook Express. Mudah-mudahan berjalan dengan sukses.
Selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

lassee said...

Horas Ito/lae, aku udah memaafkan lae/ito yang udh meng-copas postinganku, tapi saran dari aku cobalah setiap tulisan yang dicopas murni, dicantumkan sumbernya.
Postingan ini dicopas dari http://lasmansaragi.blogspot.com/2010/12/setting-konfigurasi-untuk-terima-dan.html kan??

Horas...

Post a Comment